Aplikasi Optimasi Gambar di Linux Secara CLI

Halo semua, akhir pekan enaknya menulis artikel untuk berbagi pengalaman. Kali ini saya berbagi pengalaman saya tentang aplikasi optimasi gambar di Linux secara CLI. Kedua aplikasi yang sering saya gunakan untuk membantu menulis artikel, optimasi gambar ini sangat penting untuk meningkatkan kecepatan sebuah website dan kapasitas storage dari server menjadi lega.

Nah, untuk optimasi gambar kita butuh aplikasi tambahan selain melakukan koding dnegan membuat fitur lazyimage untuk mempercepat load website. Dan di luar sana untuk aplikasi optimasi gambar sangat banyak sekali terutama berbasis GUI. Tetapi aplikasi berbasis GUI ada sedikit kelemahan, yaitu melakukan optimasi dengan banyak gambar. Mungkin saja bisa melakukan optimasi dengan banyak file namun sedikit ribet, nah dengan aplikasi berbasis CLI melakukan optimasi dengan banyak gambar akan sedikit mudah. Berikut 2 aplikasi yang sering saya gunakan untuk melakukan optimasi gambar untuk artikel yang saya buat:

OptiPNG

Kebanyakan gambar-gambar hasil screenshot menggunakan format PNG, meski gambar hasil screenshot beformat PNG kebanyakan berukuran kecil tapi masih saja perlu dioptimalkan. Dengan menggunakan OptiPNG, kita bisa melakukan kompresi gambar tanpa kehilangan informasi yang terdapat pada gambar. Untuk menggunakan aplikasi perlu menginstall dengan perintah berikut untuk pengguna Manjaro:

sudo pacman -S optipng

Sedangkan pengguna Debian dan turunannya menggunakan perintah:

sudo apt-get install optipng

Aplikasi ini lumayan kecil tapi sangat powerfull, penggunaannya juga cukup mudah tinggal menjalankan aplikasinya di folder gambar disimpan. Sebagai contoh:

optipng *.png

Perintah diatas akan melakukan optimasi semua gambar dengan format png yang berada dalam folder saja. Itu baris perintah yang sering saya gunakan, tetapi jika ingin lebih detail tentang cara penggunaan aplikasi ini bisa menjalankan perintah:

man optipng

JPEGOptim

Selain gambar berformat PNG, saya juga kadang menggunakan file berformat JPG atau JPEG biasanya ini file gambar hasil jepretan kamera. Tetapi tidak dipungkiri hasil desain berformat JPG atau JPEG juga ada. Untuk melakukan optimasi gambar dengan format JPG atau JPEG saya menggunakan JPEGOptim. Untuk menginstall di Manjaro cukup menjalankan perintah:

sudo pacman -S jpegoptim

Sedangkan untuk Debian dan turunannya menggunakan perintah:

sudo apt-get install jpegoptim

Penggunaan JPEGOptim juga sama dengan OptiPNG, salah satu kelebihan dari JPEGOptim adalah walau gambar sudah dioptmasi tetapi kualitas gambar tidak terlalu pecah. Kita tahu, gambar berformat JPG atau JPEG ukuran file bisa lebih dari 1 Mb. Dengan JPEGOptim kita bisa membuat file JPG yang mulanya 5 Mb menjadi 500 Kb tetapi kualitas gambar tidak pecah, untuk mencobanya bisa menjalankan perintah:

jpegoptim --size=500k *.jpg

Tetapi jika tidak ingin pusing ukuran akhir dari gambar bisa menghilangkan –size=500k, jika ingin gambar tertentu saja bisa merubah tanda bintang dengan nama file. Untuk berkenalan lebih jauh lagi dengan JPEGOptim bisa menjalankan perintah:

man jpegoptim

Itulah 2 aplikasi untuk aplikasi optimasi gambar di Linux secara CLI yang sering saya gunakan, apabila ada aplikasi optimasi gambar yang lebih enak dan bagus bisa disampaikan lewat komentar yak biar saya dan yang lain bisa mencobanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini, maaf tidak ada gambar tetapi teman-teman langsung bisa mencobanya biar bisa merasakannya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi Tulisan:

Manual page optipng dan jpegoptim

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *