BOXER Ikut Partisipasi Dalam HKIN 2019

Boxer Ikut Partisipasi HKIN 2019

Bojonegoro Linux User atau lebih terkenal dengan sebutan BOXER, merupakan komunitas pengguna linux dan open source yang berada di Kabupaten Bojonegoro. Kemarin, Kamis 20 Juni 2019 bertempat di gedung Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2019. Komunitas BOXER juga ikut ambil bagian dengan membuka stand di area pameran bersama beberapa komunitas lainya.

Boxer Ikut Partisipasi HKIN 2019
Boxer Ikut Partisipasi HKIN 2019

Komunitas Boxer sendiri dalam acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2019 kemarin, melayani konsultasi mengenai system operasi dari distro linux, program open source maupun permasalahan IT lainya, selain itu Komunitas BOXER juga memamerkan beberapa peralatan IoT seperti Arduino nano, orange pi zero, dan beberapa peralatan IT lain yang bisa digunakan dalam pengembangan program open source kedepanya.

Boxer Ikut Partisipasi HKIN 2019
Boxer Ikut Partisipasi HKIN 2019


Cerita dibalik Perjuangan Membuka Stand di HKIN 2019.
Bisa dibilang persiapan Komunitas BOXER ini sebagai pengisi stand dadakan, lantaran H-2 acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2019 baru ada wacana jika akan ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Selanjutnya teman-teman BOXER berusaha menyiapkan sebaik dan sebagus mungkin apa yang akan di tampilkan. Untuk itu dari teman teman membagi tugas, mulai dari memikirkan materi apa yang akan di tampilkan, mendesain benernya, serta menyiapkan peralatan yang akan digunakan dalam acara tersebut. Setelah semua persiapan selesai dan tinggal menyiapkanya di stand, Pada H-1 tiba-tiba ada kabar jika belum pasti Komunitas BOXER dapat jatah stand, kabar tersebut membuat teman-teman BOXER sedikit cemas. Tetapi hal tersebut tidak membuat kami menyerah dan putus asal, dan beberapa anggota BOXER juga terus berusaha menghubungi panitia untuk menanyakan kejelasan jadi ikut mengisi stand atau tidak. Pada akhirnya sekitar pukul 20.00 WIB salah satu anggota BOXER mendapat kabar dari panitia jika Komunitas BOXER dipastikan dapat jatah stand di acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2019 di Bojonegoro.

Selanjutnya diskusi mengenai kesiapan serta peralatan yang akan di bawa ke stand pameran dilanjutkan melalui grup WhatsApp Komunitas Bojonegoro Linux User. Hingga akhirnya pada pagi hari di Hari H. Semua tim yang terlibat mempersiapkan semaksimal mungkin sampai dengan stand BOXER tertata dan siap di kunjungi.
Terimakasih banyak untuk semua tim dan anggota Komunitas BOXER atas waktu dan tenaga yang diberikan, sehingga bisa terlaksana kegiatan tersebut dengan sukses.

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *