Boxer X Porprov Jatim Ke-VI

Pekan Olah Raga Provinsi Jawa Timur VI – 2019 (PORPROV JATIM VI)

Pada artikel ini akan membahas tentang PORPROV JATIM Ke-VI, yang akan diselenggarakan di Empat Kabupaten, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik. Sebuah acara bergengsi bidang olahraga di Jawa Timur dan merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan atlet kontingen Jatim sebelum tampil pada PON XX-2020 di Jayapura, Papua.

Kirab Api PORPROV

Kayangan Api

Api Porporv adalah wujud semangat olahraga dalam Porprov, Api Porprov Jatim VI ini akan diambil di Wisata Api Abadi Kayangan Api Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Pengambilan api ini akan dilakukan pada tanggal 1 Juli 2019 dan akan ada kirab api sebelum disemayamkan di Pendapa Pemkab Bojonegoro dengan beberapa jalur poros seperti Dander – Temayang – Sugihwaras – Kedungadem – Kepohbaru – Jalan Raya Babat – Bojonegoro dan berakhir di Pendapa Pemkab Bojonegoro. Dari rute ini, desa tetangga dilewati jadi seandainya kalau kirab diadakan sore hari seperti dahulu saya bisa lihat itupun kalau sudah pulang kerja :D.

Jadwal Pertandingan

Jadwal pertandingan diatas saya dapat dari web Porprov Jatim 2019 Pemkab Bojonegoro, dari jadwal tersebut, ada 12 cabang olahraga (cabor) yang akan diadakan di Bojonegoro. Dari 12 cabor akan menggunakan 7 venue yang ada di Bojonegoro, 7 venue tersebut adalah:

  1. Stadion Letjen H Soedirman, untuk pertandingan Sepakbola
  2. GOR Dabonsia untuk pertandingan Cabor Bola Voli Indoor dan Petanque
  3. SMAN 3 Bojonegoro Untuk Sepak Takraw dan Anggar
  4. SMT Bojonegoro Untuk Panahan dan Judo
  5. Gedung Serbaguna Bojonegoro untuk Cabor Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga
  6. Gedung Ungu, di Jalan Jaksa Agung Suprapto Untuk Cabor Tenis Meja
  7. Gedung Angling Dharma Pemkab Bojonegoro untuk Cabor Catur

Dari 12 cabor diatas, mana cabor yang akan kalian tonton dan favoritkan? 😀 jika cabor yang kalian suka tidak dipertandingkan di Kabupaten Bojonegoro bisa nonton di kabupaten sebelah.

Cabor Baru

Logo FOPI

Pada Porprov Jatim ke-VI, ada 7 cabor baru yang dipertandingakan. Dari 7 cabor baru ini ada satu yang asing telinga saya yaitu Pentaque. Menurut laman TribunJogja, Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan. Dan untuk 6 cabor baru lainnya yang akan dipertandingkan adalah Anggar, Hoki, Tarung Derajat, Paralayang, Menembak dan Muaythai.

Daftar Juara Umum

Porprov pada awalnya diadakan setiap 2 tahun sekali, karena ada banyak pertimbangan penyelenggaraan Porprov diadakan 4 tahun sekali. Dan Porprov ke-VI ini adalah awal acara 4 tahunan tersebut, Porprov Jatim pertama kali diadakan pada tahun 2007 di Surabaya. Setelah itu diadakan Porprov Jatim setiap 2 tahun sekali, berikut daftar Porprov Jatim dan sang juara umum setiap Porprovnya:

  1. Porprov Jawa Timur V-2015 di Kota Banyuwangi (juara umum Kota Surabaya, runner up Kota Malang)
  2. Porprov Jawa Timur IV-2013 di Kota Madiun (juara umum Kota Surabaya, runner up Kota Kediri)
  3. Porprov Jawa Timur III-2011 di Kota Kediri (juara umum Kota Surabaya, runner up Kota Malang)
  4. Porprov Jawa Timur II-2009 di Kota Malang (juara umum Kota Surabaya, runner up Kota Malang)
  5. Porprov Jawa Timur I-2007 di Kota Surabaya (juara umum Kota Surabaya, runner up Kota Malang)

Boxer X Porprov VI-2019

Mungkin sebagain orang akan bertanya, mengapa ada artikel Porprov Jatim di web Boxer? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, saya akan mecoba menjawabnya jika kurang berkenan silahkan diluruskan :D.

Boxer sendiri merupakan salah satu wadah anak muda yang yang tertarik dengan dunia IT terutama Open Source dan Linux, dan memiliki tujuan untuk bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Dengan adanya artikel ini, masyarakat lebih tahu kalau Bojonegoro punya hajat besar yaitu sebagai Tuan Rumah Porprov Jatim Ke-VI. Selain itu, saya ingin menyemangati dan mendukung mereka lewat tulisan. Walau tulisan ini saya ambil dari beberapa sumber dan banyak blepotannya :D. Untuk mengakhiri tulisan ini, saya mengutip perkataan Bupati Bojonegoro:

Selamat bertanding, dan junjung tinggi sportifitas. Pinarak Bojonegoro.

Sumber:
Pemkab Bojonegoro
Daftar Juara Umum
Kirab Api
Jadwal Pertandingan
Petanque

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *