Cara Mengatasi File System is Read Only

folder_file_system

Seseorang pernah bilang, kalau mau nulis di blog tidak usah ribet-ribet untuk cari bahan. Tulis aja berdasarkan masalah-masalah yang kamu hadapi nanti juga mengalir dengan sendiri kata-katanya. Dan ya, kemarin saya mendapatkan sebuah masalah tentang partisi dengan format NTFS di mesin perang saya dengan keterangan file system is read only. Kejadian ini berawal dari keisengan di waktu gabut untuk install sebuah aplikasi perpustaakn yang berformat DMG. Sebuah format disk image yang diperuntukkan MAC. Dari sumber-sumber yang saya baca, file DMG ini bisa dipasang di Linux dengan memasang aplikasi  hfsprogs.

Dengan modal tutorial yang bejibun untuk mengolah file DMG ini, install hfsprogs dan melakukan perintah berikut:

sudo mount -t hfsplus -o remount,force,rw /mount/point && mount -t hfsplus image.dmg /mnt

Tapi nyatanya gagal, mount point tidak ada. Sepertinya saya ada yang kurang, karena merasa ada yang kurang saya coba untuk unmount dengan perintah:

sudo mount -t hfsplus image.dmg /mnt

Merasa baik-baik saja dengan perintah tersebut dan tidak lagi berminat bermain dengan file DMG lagi. Mulailah berselancar lagi dan mau membuat tulisan di blog pribadi dan saat mau menyimpan gambar di drive yang khusus data berupa NTFS ada pesan error yang kurang lebih seperti ini:

cant make direcrtory, file system is read only

Padahal sebelumnya ini aman-aman saja bisa read write, kenapa tiba-tiba bisa begini. Cari sana-sini hampir sejam lebih tidak membuahkan hasil, mulai dari menjalankan perintah fsck sampai mount unmount pun masih tidak ada hasilnya dan saat ini laptop menggunakan dualboot dengan OS Bawaan laptop. Coba boot ke OS sebelah masih bisa tidak ada kendala sama sekali, saya kira ada yang corrupt atau bagaimana tetapi tidak ada masalah apa-apa. Sempat berpikir untuk install ulang bila sampai nanti malam tidak bisa solve juga, tapi nyatanya tidak sampai malam masalah ini sudah selesai. Di menit-menit terakhir nemu link NTFS mounts as read-only under Linux, meski yang jawab sepi tapi ini berhasil. Pertama yang saya lakukan adalah menjalankan perintah:

sudo mount -t ntfs /dev/sdXX /mnt/data

Tidak menghasilkan output apa-apa seperti yang dijelaskan bahwa Windows is hibernated, refused to mount, langsung masuk langkah kedua untuk boot ke OS sebelah dan mengetik peintah pada cmd:

powercfg -h off

dan

shutdown /s /t 0

Ternyata tidak mau shutdown dengan perintah tersbut, terpaksa shutdown seperti biasanya. Nyalakan lagi dan masuk ke Manjaro, coba buka partisi NTFS tadi dan ya berhasil. Sekarang sudah bisa read write di sana lagi :D. Begitulah cara saya mengatasi masalah file system is read only. Kesimpulan cerita, belajarlah dengan membaca lebih teliti dan jangan terbawa euforia. Terima kasih membaca, sampai jumpa lagi.


Referensi tulisan dan gambar:
NTFS mounts as read-only under Linux

Folder direktori sistem berkas

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *