Catat Keuangan Pribadi Dengan GNUCash

GNUCash Logo

Catat Keuangan Pribadi Dengan GNUCash

Lama tidak menulis disini, bagaimana keadaan keuangan kalian selama pandemi ini?tiba-tiba saja uang yang dimiliki hilang dan tak tahu kemana larinya? Nah, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang salah satu apliaksi tentang keuangan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan keuangan yaitu GNUCash. Untuk teman-teman yang lagi mulai menata tentang keuangan pribadi atau belajar tentang akuntansi bisa mencoba GNUCash ini, dalam situs GNUCash juga menyebutkan kalau mudah digunakan, powerfull dan juga fleksibel. Setelah beberapa bulan mencoba aplikasi ini ternyata memang benar, mudah digunakan dan cukup fleksibel. Apalagi orang seperti saya yang tidak begitu menggeluti dunia akuntansi, cukup terbantu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan selama ini.

Financial Planning

Prinsip Dasar Akuntansi

Dalam aplikasi ini kita menggunakan prinsip double entry accounting atau disebut dengan pembukuan berpasangan, jadi misalnya begini kita punya uang di bank dan mengambilnya di ATM sebanyak Rp. 200.00 dan menaruhnya di dompet untuk keperluan satu minggu. Dalam pencatatan keuangan tersebut, kita harus mencatat 2 kegiatan sekaligus. Yaitu melakukan debit pada akun bank dan kredit pada akun dompet dengan uang sejumlah Rp. 200.000 tadi. Karena menggunakan double entry accounting, kita hanya perlu mencatat satu kali entah di akun bank ataupun di akun dompet. Nanti akan otomatis tercatat di kedua akun. Masih bingung? Oke, pelan-pelan saja nanti akan paham sendiri kalau sudah terbiasa. Selanjutnya kita mencoba untuk menginstall aplikasi tersebut.

Untuk pengguna Debian deriviativ, seperti Ubuntu dan kawan-kawan. Bisa menjalan perintah:

$ sudo apt install gnucash

Sedangkan untuk Arch Lunux deriviativ, seperti Manjaro dan lain-lain. Bisa menjalankan perintah:

$ sudo pacman -S install gnucash

Untuk pengguna Fedora bisa menjalankan perintah:

$ sudo pacman -S install gnucash

Untuk yang suka flatpak bisa menjalankan tiga perintah dibawah:

sudo flatpak remote-add --if-not-exists flathub https://flathub.org/beta-repo/flathub-beta.flatpakrepo

flatpak install --user flathub-beta org.gnucash.GnuCash

flatpak run --branch=beta org.gnucash.GnuCash

Studi Kasus

Setelah terinstall, saatnya kita coba praktik dengan studi kasus seperti ini:

Saya punya uang sebesar Rp. 1.000.000.000 di Bank Aman Sentosa, dan hari ini saya mendapatkan uang dari freelancer sebanyak Rp 4.000.000 yang dikirim ke akun Paypal saya dan terkena pajak penghasilan sebanyak Rp.100.000. Dan uang di dompet saat ini hanya Rp. 1.000.000. Karena hari ini saya ulang tahun, saya mentraktir teman-teman sehingga uang di dompet berkurang sebanyak Rp. 700.000 untuk beli makan dan minuman. Pulang dari mentraktir, mobil Supra yang dikendarai ternyata butuh bahan bakar dan mengurangi uang dompet sebanyak Rp. 200.000, dipertengahan jalan ada penggalangan dana sosial. Uang yang ada di dompet saya sumbangkan ke penggalangan dana tersebut. Sesampainya dirumah, saya tertarik untuk membeli emas antam 1 Kg dengan harga Rp. 10.000.000. Dari perjalanan keuangan saya tersebut, dapat dituliskan ke dalam GNUCash.

Anggap saja kita baru mulai mencatat keuangan, kita buka GNUCash. Pilih New File, dan kita Next saja terus sampai pada menu Choose accounts to create, pada menu ini kita pilih A Simple Checkbook saja untu mempermudah. Setelah memilih kita klik Finish, beri nama filenya dan saat ini pilih yang format xml saja dan nanti akan mendapatkan tampilan seperti ini:
Tutorial GNUCash

Sebelum lanjut menulis kita pahami dulu persamaan akuntansi dasar, yaitu:
Aset = Kewajiban (Liabilities) + Ekuitas (Equity)
Penjelasan sedikit, aset itu berupa apa saja yang kita miliki, ekuitas adalah modal awal kita dan untuk kewajiban diisi berupa hutang yang dimiliki.

Dalam file yang kita buat tadi, ternyata kurang akun Kewajiban (Liabilities), untuk itu kita buat dulu dengan klik menu new, pada bagian Parent Account kita pilih New Top Level Account dan pada Account Type kita pilih Liability. Lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah:
Akun Liability GNUCash

Selanjutnya, kita edit Current Assets dengan Saldo Bank, dan Checking Account dengan Nama Bank. Dalam hal ini adalah Bank Aman Sentosa. Untuk Equity kita edit Deskripsinya dengan Modal, sedangkan Opening Balance dapat kita ganti dengan Modal dan lainnya bisa lihat gambar berikut:
Equity GNUCash

Selanjutnya kita isi Modal dengan uang Rp. 100.000.000 dengan klik 2 kali pada akun modal dan kita isi seperti berikut:
Modal GNUCash

Pada deskripsi kita tulis uang di bank, pada kolom transfer ini menjelaskan akan ditulis dimana juga. Dalam studi kasus, kita pilih Bank:Bank Aman Sentosa dan selanjutnya kita pilih kolom Increase, diisi dengan nominal Rp. 100.000.000. Setelah itu tekan tombol Enter untuk mengakhiri mencatatnya.
Hasil Modal GNUCash

Karena saya mendapat gaji dari freelancer sebanyak Rp. 4.000.000 dan dengan potongan pajak Rp. 100.000, dapat kita buatkan akun baru dengan nama Gaji Freelancer pada Income. Caranya klik New disamping Edit setelah itu menampilkan popup seperti ini:
Gaji GNUCash

Karena gaji tersebut ditransfer ke Paypal, kita buat terlebih dahulu akun Paypal seperti membuat akun Gaji Freelance tadi. Hanya saja, kita tempatkan di Assets, Sub-Account Ewallet. Kurang lebih seperti ini susunannya:
Susunan Gaji GNUCash

Baru kita tulis pendapatan yang diperoleh, bisa ditulis di akun Paypal bisa di Gaji Freelance. Saya ambil contoh akun Paypal.
Gaji Freelance GNUCash

Gaji Freelancer terpotong pajak sebanyak Rp. 100.000 , jadi kita buat akun Pajak pada Expense dengan nama Pajak. Setelah kita catat akan menghasilkan seperti berikut:
Pajak GNUCash

Apakah sudah paham? Jika belum, saya lampirkan contoh file GNUCash untuk studi kasusnya dan bisa mencobanya. Dan apabila sudah di download, silahkan dilanjutkan.

Download file GNUCash

Dengan adanya tutorial ini, semoga teman-teman bisa mengatur keuangan pribadi maupun bisnis yang sedang dijalankan, karena dengan menulis semua keuangan kita bisa lebih tahu kemana arah uang yang dikeluarkan dan darimana uang berasal. Dalam GNUCash juga ada fitur budgeting yang cukup membantu untuk mengontrol pengeluaran atau target penghasilan yang harus diperoleh. Oh ya, dalam tutorial ini juga saya lampirkan sebuah template yang saya buat untuk memperudah teman-teman. Bisa diedit sesuai kebutuhan kok, selamat melakukan Financial Planning untuk kehidupan yang lebih baik :D.

Template GNUCash

Sumber:
Web GNUCash
Tutorial GNUCash Mas Galih
Logo GNUCash
Background vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *