FFmpeg: Linux Konverter Audio dan Video

logo ffmpeg

Tugas Negara sebagai KPPS sudah selesai, saatnya menulis lagi. Hampir seminggu saya tidak buka laptop, sibuk urus sana-sini untuk persiapan Pemilu 2019 pada tanggal 17 April kemarin. Sok sibuk :D, padahal ya Jum’at sudah mulai aktivitas biasa tapi masih kurang tidur hahahaha.Awal mula tulisan ini bermula kemarin tanggal 16 April pas mempersiapkan sound system untuk TPS, teman-teman pada tanya siapa yang punya musik untuk diplay pada sound system. Karena merasa punya simpanan 3 lagu di rumah, jadinya saya menawarkan flashdisk ku untuk dicolok ke sound system. Eh ternyata, tidak mau play karena harus format mp3 sedangkan formatku mp4 :(. Dan dengan entengnya saya cuma rename filenya dari mp4 ke mp3 begitu saja, timingnya jalan tapi gak keluar suaranya. Bodohnya saya T.T

Minggu kemarin pas ada acara rutin Boxer, Jagong Oprek. Bertemulah daku dengan ffmpeg ini :D, tapi lebih tepatnya pas iseng mau download audio dari youtube pakai youtube-dl dengan perintah:

youtube-dl --extract-audio --audio-format mp3 {url_youtube}

youtube-dl

Padahal saya punya youtube-dl ini cukup lama tapi baru kemarin saya kepikiran kalau ada paket ffmpeg yang kebawa :D. Dalam screenshot tersebut, youtube-dl mendownload video dengan format webm terlebih dahulu dan baru diconvert ke mp3. Karena penasaran, akhirnya tersesat di Web Resmi ffmpeg, disitu dijelaskan apa itu ffmpeg?cara install, plugin tamabahan dan cara penggunaan. Karena saya baik, saya akan menjelaskan apa yang saya bisa wkwkwkw

Apa ffmpeg?

ffmpeg adalah video dan audio konverter yang sangat cepat, crossplatform, dan berbasis CLI. Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur ffmpeg ini.

Instalasi ffmpeg

1. Manjaro/Arch

sudo pacman -S ffmpeg

2. Ubuntu

sudo apt-get install ffmpeg

3. Dari source

Untuk isntalasi dari source silahkan baca dokumentasinya dari web officialnya, karena belum saya praktikan 😀

Perintah Dasar

1. Membaca informasi video atau audio

Selain untuk konversi, ffmpeg ini bisa kita gunakan untuk mencari detail file video atau audio yang kita. Contoh:

ffmpeg-audio-info

ffmpeg-video-info

Dari screenshot diatas dapat kita ketahui beberapa info, seperti tanggal pembuatan/download file, encoder, durasi dan lain-lain.

2. Merubah format video ke video

Untuk merubah format video ke video cukup mudah, dalam hal ini saya mencontohkan video berformat webm saya rubah ke format mp4.

ffmpeg -i ninja_warrior.webm ninja_warrior.mp4 -hide_banner

webm_to_mp4

Perintah dalam contoh ini hanya pengaturan standar saja, jika ingin merubah hasil konversi bisa menambah beberapa sintaks seperti memberi fps:

ffmpeg -i ninja_warrior.webm -r 24  ninja_warrior.mp4 -hide_banner

Dan masih banyak lagi, silahkan kunjungi official web ffmpeg, saat ini saya masih belum menyelami begitu banyak ffmpeg ini.

3. Merubah format video ke audio

Untuk merubah format video ke audio juga hampir sama hanya merubah formatnya saja, saya akan mencontohkan merubah file video dengan format mp4 ke audio mp3.

ffmpeg -i 'Naruto Shippuden Ending - Love & Truth by Yui (Dangdut Cover Version).mp4' f mp3 test_sound.mp3

mp4 video  to mp3 audio

Untuk tutorial kali ini cukup sedikit, karena yah saya hanya butuh 3 perintah tersebut saja. Tapi si ffmpeg ini bisa banyak kok, mulai gabungin audio dan video, ambil gambar dari video, membuat vide dari gmabar, bisa gabungkan beberapa file video/audio ke satu file video/audio dan masih banyak lagi. Silahka digali lebih dalam lagi 😀

Sumber: ffmpeg official web

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *