Jagong Oprek: Instalasi Server Dengan Centos 8.1

Jagong Oprek: Instalasi Server Dengan Centos 8.1

Hai, bagaimana kabarnya? semoga baik-baik saja dan tetap jaga sistem imun tubuh serta menjaga kebersihan agar terhindar dari virus Corona yang sedang lagi naik daun. Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis sedikit tentang FR salah satu acara rutinan Boxer yaitu Jagong Oprek dengan tema instalasi server dengan Centos 8.1 yang dilaksanan pada tanggal 29 Februari 2020 jam 10.00 WIB di Gedung PIP Lantai 1 yang berada di jalan AKBP M Soeroko No. 11 atau depannya SMAN 4 Bojonegoro.

Foto Gedung PIP

Persiapan

Dalam acara ini saya kebagian jadi tukang desain selebaran dan korlap :D, desain mendesain ini sesuatu pekerjaan yang menurut saya butuh moodbooster seperti pacar, eh. Maksudnya menyesuaikan perasaan, kalau perasaan lagi bagus desain begitu mudah tinggal mengikuti alur. Tapi nyatanya, saya awalnya tidak begitu ada ide sama sekali. Desain, hapus, desain, hapus selama 2 hari kayak gitu terus :(, kalau tukang desain professional bukan kayak gini :D. Sebelum desain saya serahin ke Pak Ketua, saya konsultasi dikit sama beberapa teman terutama tentang perpaduan warna, saya tuh pinginnya semua bikinan sendiri meski itu mencontek sedikit tapi lebih puas kalau bikin sendiri. Saya desain pakai GIMP dan Inkscape , tapi lebih banyak ke Inkscape . Beda dari tahun yang lalu, yang lebih banyak ke GIMP. Selebaran ini kena revisi sebanyak 5x wkwkwkwkw.

selebaran instalasi server

Mendekati harinya, sedikit lelah. Dua hari sebelumnya kegiatan kantor terlalu menyita tenaga tapi bagaimanapun saya mendapat tugas sebagai korlap, jadi harus tetap kuat :D. Jum’at sore, mulai broadcast ke teman-teman yang telah melakukan pendaftaran.

Sabtu, 29 Februari 2020

Time is coming, eh bener kagak ya? wkwkwkwkw, awalnya sih janjian jam 8.30 pada datang, eh akunya terlambat 15 menit jadi jam 8.45 baru sampai Gedung PIP . Ini adegan berbeda bahaya, jangan ditiru yak! kalau bisa 15 menit sebelumnya sudah datang. Cek perlengkapan acara, saya kebagian bawa roll banner dan daftar hadir yang saya ambil di rumahnya mbak Titis. Jam 10.30, acara baru dimulai hal ini karena beberapa peserta masih belum tahu Gedung PIP ada dimana.

Saya kira bakal ada bagi-bagi materi eh Pak Ketua lansung saja tanpa materi cuma menampilkan beberapa gambar dan cuplikan video, mungkin sudah hafal di luar kepala nih materinya. Pertama materi dibuka dengan pengenalan istilah-istilah pada server. Seperti jenis-jenis server dan bagian-bagiannya. Menurut saya yang cukup menarik tentang Cloud Server dan RAID (Redundant Array of Independent Disk), hal ini karena saya sering baca tentang RAID tapi masih belum paham gunanya apa, jadi kadang saya skip saja wkwkwkwkw, setelah penjelasan waktunya bongkar-bongkar server, nah adegan ini yang saya tunggu-tunggu karena saya penasaran seperti apa sih daleman dari sebuah server.

foto rack server

Penasaran sudah terobati sedikit wkwkwkwkw, masih ada beberapa hal yang masih kepo pada acara selanjutnya pasti saya akan tanyakan :D. Setelah bongkar-bongkar selanjutnya untuk melakukan instalasi server, karena server yang dipakai IBM System x2550 M4 sudah memasuki umur, jadi sedikit kendala seperti yang awalnya mau pakai Centos 8.1 harus diganti ke Centos 7.7 dan saat melakukan praktik konfigurasi RAID, RAID tidak mendetek sama sekali jadi harus bongkar pasang lagi. Mungkin hampir setengah jam, si RAID akhirnya mau juga, langsung prkatik sesuai arahan sebelumnya. Kita menggunakan RAID 5, RAID sendiri ada beberapa jenis tapi Pak Ketua lebih menyarankan memakai RAID 5 hal ini karena data akan disebar kebeberapa tempat secara seimbang dan mempunyai mirroring. Jadi misal, kita punya 5 HDD dan melakukan RAID 5 maka HDD yang kebaca adalah n-1 yang mana hanya 4 HDD saja dan 1 HDD jadi hot spare yang berfungsi untuk menggantikan salah satu 4 HDD yang rusak. Setelah konfigurasi RAID selesai selanjutnya instalasi.

Nah, saat instalasi ini Pak Ketua lebih menekankan tentang pembagian partisi. Karena kebanyakan yang memulai pakai GNU/Linux masih asal-asalan dan kurang merhatiin pemartisian. Seperti pemisahan antara direktori / (root) dan direktori /home. Terus perlunya direktori /boot, minimal dalam instalasi GNU/Linux harus ada:
1. / (root)
2. /home
3. /boot
4. swap (jika perlu)

Instalasi IBM System x2550 M4 selesai, selanjutnya mencoba Cloud Server dengan menggunakan Virtualbox Exsi kalau tidak salah ketik ya :D, pada Cloud Server kita menggunakan Centos 8.1, karena sudah ada penjelasan awalnya jadi cukup mudah tidak ada kendala apa-apa.

Makan bersama

Karena hujan, acara ini sampai jam 5 sore wkwkwkwkw. Sambil menunggu hujan reda, tim konsumsi pesen makan siang dong :D. Sebelum makan dimulai, kita do’a dulu dan nyam 😀 setelah makan selesai kita ada sedikit sesi berbagi pengalaman. Seperti bagaimana membangun sebuah komunitas OpenSource, menghidupi komunitas tersebut bukan malah hidup dari komunitas. Sesi akhirnya adalah rencana tentang acara berikutnya sepertinya, saya kurang tahu. Hal ini, karena saya belum sholat jadi sholat dulu :D. Balik sholat eh sudah buyar sebagian, tapi emang bener kok. Beberapa hari kemudian saya dapat orderan desain selebaran lagi :D.

Road To LibreOffice 7

Jadi, yang kemarin belum bisa hadir sudah saatnya kalian hadir untuk acara bulan ini yak :D. Acaranya gratis lho, langsung daftar saja :D. Terima kasih sudah membaca tulisan saya, sampai jumpa lagi :D.

Hampir lupa, acara kemarin ternyata diliput oleh salah satu wartawan Radar Bojonegoro, berikut saya lampirkan beritanya:

sumber: RAID

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *