Membuat Sitasi dan Daftar Pustaka Otomatis pada Libre Office Writer

Daftar Pustaka adalah sebuah susunan tulisan yang terdapat pada akhir sebuah karya tulis ilmiah dengan ketentuan penulisan tertntu yang berisi sumber atau rujukan yang digunakan pada sebuah karya tulis. sementara itu sitasi merupakan ekspresi alfanumerik yang disingkat dan tertanam pada bagian tubuh sebuah karya tulis yang merujuk pada bagian daftar pustaka. kedua hal ini selain bertujuan untuk mengetahui informasi yang kita sampaikan pada karya tulis, juga dapat menjadi bentuk apresiasi pada penulis yang karya tulisanya kita cuplik ke dalam karya tulis kita.

Pada LibreOffice penggunaan sitasi dan daftar pustaka dapat kita hubungkan, dengan memanfaatkan fitur Bibliography. Sehingga kita tidak perlu manual mengorganisir dan mencocokan citasi dengan daftar isi ketika melakukan perubahan pada tulisan kita. namun perlu diperhatikan sebelum pembuatan sitasi dan daftar pustaka otomatis kita perlu mengisi identitas karya tulis yang akan kita pakai ke Bibliography Database.

Bibliography Database

Langkah pertama yang perlu dilakukan, seperti yang saya jelaskan sebelumnya yaitu mengisi Bibliography Database dengan identitas karya tulis yang akan kida jadikan referensi. kita dapat menemukan Bibliography Database pada menu tools di menu bar, namun sebelum itu pastikan sudah terinstall LibreOffice Base, karena fitur ini memerlukan integrasi dengan LibreOffice Base. Setelah memilih Bibliography Database maka akan muncul jendela seperti berikut.

Setelah itu kita dapat mengisi identitas tulisan yang akan kita cantumkan sebagai referensi, mulai dari penerbit, tempat terbit, judul, dsb. Pada kolom shortname kita dapat isikan inisial yang kita inginkan untuk mempermudah pemanggilan saat memberikan sebuah sitasi, kemudian pada kolom Type kita dapat memilih jenis referensi yang kita cantumkan mulai dari buku, jurnal penelitian, artikel ilmiah, website, dsb.

Untuk memasukan referensi selanjutnya kita dapat langsung menekan baris selanjutnya setelah selesai mengisi salah satu identitas referensi, dengan otomatis identitas referensi yang kita masukan sebelumnya akan tersimpan. Setelah seluruh referensi dimasukan kita bisa mengeluarkan jendela Bibliography Database.

Sitasi dan Daftar Pustaka

Selanjutnya kita dapat mulai menyematkan citasi ke tulisan kita, pertama dengan mengarahkan cursor ke akhir kalimat yang kita cuplik kemudian kita pilih di menubar insert → table of contents and index → bibliography entry. Maka akan keluar jendela seperti berikut

kita cari shortname referensi yang telah kita masukan ke database tadi, kemudian tekan insert untuk mesitasikan di kursor aktif, sitasi akan muncul dengan format shortname-nya . Setelah seluruh sitasi sudah disematkan kita dapat mengeluarkan jendela tersebut

Kok sitasinya formatnya pakai shortname?. nah format sitasi akan seperti itu bila kita belum menambahkan daftar pustaka, untuk menambahkan daftar pustaka kita dapat memilih pada menubar
insert → table of contents and index → Table of contents, index or bibliography. Lalu pada type kita pilih bibliography kemudian centang number entries.

Setelah itu sitasi yang tadinya berupa shortname akan berubah ke angka yang merujuk pada urutan yang ada pada daftar pustaka. Bila terjadi perubahan pada tulisan yang mengakibatkan perubahan posisi sitasi, kita juga tidak perlu repot merubah seluruh sitasi yang telah disematkan. karena seluruh sitasi akan menyesuaikan bila ada sitasi baru yang disematkan kedalam tulisan, kemudian kita dapat memperbaui daftar pustaka dengan klik kanan pada area daftar pustaka dan pilih update index.

Jadi pada libre office writer penggunaan sitasi dan daftar pustaka dapat kita terapkan dengan memanfaatkan fitur bibliography database, bibliography entry, dan table of bibliography. Dengan mengkolaborasikan ketiga fitur tersebut kita dapat membuat sitasi dan daftar pustaka secara bersamaan tanpa bingung dengan perubahan yang akan datang pada tulisan kita. Semoga tulisan ini bermanfaat, terlebih bagi pengguna GNU/Linux yang mulai bermigrasi, bila ada kritik maupun saran, silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia di bawah, tidak menutup kemungkinan tulisan ini akan kami perbarui bila ada masukan dari pembaca bila memang bermanfaat untuk dicantumkan. Terimakasih.

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *