Membuat Daftar Isi Otomatis pada Libre Office Writer

Daftar isi merupakan salah satu komponen yang penting dalam penulisan karya ilmiah. bagi para pelajar baik siswa sekolah menengah maupun mahasiswa, pembuatan daftar isi otomatis sangat perlu diketahui, mengingat tugas tugas yang ada kebanyakan merupakan sebuah karya tulis yang berupa makalah, terlebih buku skripsi dan tesis. Daftar isi dalam sebuah tulisan berguna untuk mempermudah pembacanya dalam mengetahui isi dan halaman dari tulisan yang akan dibacannya. Karena hal ini daftar isi dapat diibaratkan navigasi pada sebuah tulisan.

Pada Libre office writer pembuatan daftar isi dapat memanfaatkan sebuah fitur bernama Table of Content. Namun perlu diperhatikan dalam membuat daftar isi otomatis pada libre office writer ini perlu dilakukan penyesuaian pada paragraph style, dimana format daftar isi akan berdasar pada paragraph style yang kita gunakan pada paragraf tertentu.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat struktur/kerangka daftar isi, dalam contoh ini saya menggunakan bab dan sub bab untuk dijadikan isi dari daftar isi. Pada langkah ini kita dapat merencanakan poin mana yang akan kita jadikan sebagai bab, sub bab, dan sub level poin yang lebih dalam. Pada contoh ini saya menggunakan 3 level saja. 

Selanjutnya adalah penyuntingan paragraph style pada setiap poin. Perlu diperhatikan, style yang akan dimuat pada daftar isi adalah style heading. Secara default libre office writer memiliki style heading 1 sampai heading 10, maka kita asumsikan kalau secara default kita dapat membuat hingga 10 level untuk sub poinya termasuk poin utama.

Pada contoh ini pada poin Bab akan kita beri paragraph style heading 1, kemudian poin sub bab kita beri paragraph style heading 2, dan poin sub dari sub bab kita beri paragraph style heading 3, disini menandakan kita membuat daftar isi dengan 3 level poin, karena menggunakan paragraph style heading 1 sampai heading 3. Setelah itu kita dapat menyesuaikan halaman dan isi dari setiap poin, perlu diperhatikan untuk isi dari setiap poin harus berbeda paragraph style-nya, disini saya biasa menggunakan paragraph style text body

Kemudian setelah selesai penyesuaianya, kita dapat beralih ke halaman yang akan di isi dengan daftar isi, kemudian kita pilih pada menubar insert → table of contents and index → pilih Table of Content, Index, Bibliography. Pada kolom title kita dapat menamai judul dari table of content kita, disini akan kita namai dengan Daftar Isi, kemudian pastikan pada kolom type pilihan berada pada table of contents. pada protected againts manual changes dapat opsional kita centang maupun tidak, bila dibiarkan tidak tercentang, kita dapat menyunting bagian table of contents ini secara manual.bila semua sudah sesuai bisa kita lanjutkan dengan menekan ok. 

Daftar isi akan tersusun secara otomatis sesuai rancangan awal kita tadi. Nah lalu bagaimana bila ada perubahan struktur bab ataupun halaman bila kita sudah terlanjur membuat daftar isi otomatis ini?. sebenarnya cukup mudah, yang kita perlu perhatikan adalah penggunaan paragraph style bila kita akan menambahkan poin maupun sub poin, cukup samakan paragraph style-nya dan kita dapat memperbarui table of contents dengan klik kanan pada bagian table of contents kita kemudian pilih update index.

Jadi pembuatan daftar isi pada libre office writer ini cukup mudah dilakukan dengan memanfaatkan paragraph style. Penambahan numbering pada awal setiap poin juga dilakukan tanpa mempengaruhi format yang telah dibuat, penyuntingan secara manual juga dapat dilakukan bila kita menginginkan perubahan di bagian table of contents tanpa merubah poin yang ada di bawahnya. Semoga tulisan ini bermanfaat, terlebih bagi pengguna GNU/Linux yang mulai bermigrasi ke libre office, bila ada kritik maupun saran, silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia di bawah, tidak menutup kemungkinan tulisan ini akan kami perbarui bila ada masukan dari pembaca bila memang bermanfaat untuk dicantumkan. Terimakasih.

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *