Membuat Diagram Otomatis Dengan Inkscape

Membuat diagram seperti bar chart atau pie chart menggunakan software spreadsheet sudah umum digunakan oleh banyak orang. Namun kelemahannya, output dari data yang dimasukkan tidak bisa diedit dengan leluasa. Diagram biasanya digunakan untuk ditampilkan di depan orang banyak agar mudah dibaca dan tampilannya menarik.

Sebenarnya kit bisa membuat diagram otomatis menggunakan software bernama inkscape. Bagi para pengguna Linux, program pengolah vektor ini sudah familiar. Software ini lintas platform, dapat digunakan disegala macam sistim operasi populer. Jika kalian belum mempunyainya silahkan download di inkscape.org/download.

Untuk membuat diagram dengan aplikasi ini pun cukup mudah. Disini kita menggunakan extension NiceChart yang pada inkscape versi terbaru sudah terinstall secara default. Kalian bisa memulainya dengan klik menu Extension>Render>NiceChart

Formatnya adalah “nama:value,nama2:value2” maka akan muncul dua data dengan nama dan nama2. Semisal data tadi kita ganti seperti ini. “apel:5,pisang:4,Semangka:9,Jeruk:3” jadinya akan seperti berikut.

diagram inkscape
diagram inkscape

Kemudian untuk membuat diagram pie (lingkaran) Nilai total sebaiknya 360, sesuai dengan sudut lingkaran. Kalian bisa sih membuat kurang dari 360, tapi yang akan terbentuk tidak lingkaran sempurna.

Share This Post