Membuat Page Break di LibreOffice Calc

Berawal dari kegelisahan saya untuk menampilkan area tertentu yang ada tulisannya pada file spreadsheet di LibreOffice Calc, akhirnya jadilah tulisan ini.

Pemikiran awal saya adalah bagaimana agar content (tulisan dan angka) di spreadsheet ini bisa masuk dalam halaman format print out. Tapi ketika saya menuliskan di area abu-abu (area non print) ternyata otomatis masuk kedalam page lainnya.

Begitupun juga ketika mencoba dengan menggunakan menu di sheet > Insert page break masih juga tidak bisa menulis di area abu-abu tanpa menambah page.

Page break ini adalah cara agar kita dapat melihat dan menentukan langsung seperti apa content yang kita buat di hasil print nantinya. Misalnya page satu adalah dari A1 sampai J25

Di LibreOffice kita bisa melihat page break di menu View > Page Break. Namun kita tidak bisa menuliskan catatan atau hitungan yang tidak diperlukan agar tidak masuk dalam page lainnya. Sehingga kita harus menggunakan cara ini. Sebelumnya terimakasih buat mas Joko dari Komunitas Linux Bojonegoro yang sudah memberikan solusi. Hahaha. Berikut ini solusinya.

  1. Block area yang mau di page break/print
  2. Layout > print area > set print area
  3. Walaaaa.. page break bisa digeser dan kita bisa menulis catatan atau komentar di area coklat.

Sekedar pengetahuan bahwa LibreOffice adalah software pengolah angka (spreadsheet) yang sifatnya opensource dan gratis, artinya kita tidak perlu membeli lisensi agar software tersebut legal terinstall di perangkat kita. Catatan lebih lanjut untuk LibreOffice bis kalian temukan di official web LibreOffice.org.

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *