page numbering using libreoffice writer

Membuat Penomoran Halaman Berbeda Format dalam Satu Dokumen pada LibreOffice Writer

Page numbering merupakan salah satu komponen penting dalam penulisan digital. Digunakan untuk memberi nomor pada halaman. Page numbering juga digunakan untuk memberi format nomor tertentu sesuai format dokumen yang diinginkan, misalkan dalam sebauh dokumen diperlukan penomoran yang berbeda pada bagian tertentu. Hal ini biasanya terdapat pada format penulisan makalah, tugas akhir, ataupun skripsi.

Pada artikel ini akan menggunakan contoh format makalah yang umum digunakan yaitu pertama halaman sampul tanpa nomor, kemudian halaman pendahuluan dengan nomor romawi kecil dan selanjutnya diteruskan dengan penomoran arab pada bagian isi. Jadi ada 3 penomoran berbeda pada dokumen contoh yang akan dibuat. tanpa penomoran, dengan penomoran romawi kecil, dan dengan penomoran arab.

Pembuatan Page Style

Pembuatan penomoran yang berbeda pada LibreOffice Writer, dapat dilakukan menggunakan bantuan fitur page style. fitur page style dapat mengatur penomoran pada page style tertentu, sehingga setiap page style dapat memiliki format penomoran yang berbeda.

Kita dapat mengakses page syle dari sidebar → style → pagestyle. Untuk membuat page style baru dapat dilakukan dengan klik kanan pada salah satu pagestyle kemudian pilih → new

Untuk page stylecover” , dapat dipilih none pada Page number, kemudian klik ok. Kemudian dapat dilakukan kembali pembuatan page style baru dari awal dengan menamainya dengan “romawi” untuk pagestyle dengan page number romawi dan “arab” untuk page style dengan page number arab. untuk style “romawi” dapat dipilih penomoran romawi kecil, dan untuk style “arab” dapat dipilih penomoran arab.

Menggunakan Page Style dengan Page numbering Berbeda

Untuk menggunakan 3 page style tersebut secara terpisah dalam satu dokumen. Saat ingin berganti ke halaman dengan penomoran halaman yang berbeda perlu digunakan manual break. Sehingga halaman selanjutnya dapat berganti ke page style yang kita tentukan tanpa mengganti page style halaman sebelumnya. Manual break ini dapat diakses melalui menu insert → more break → manual break. Kemudian akan muncul jendela seperti berikut

Pada style dapat dipilih page style yang akan kita gunakan pada halaman selanjutnya, kemudian kita dapat mencentang Change page number untuk memulai ulang penomoran pada halaman selanjutnya. Setelah sesuai kita dapat klik ok. Selanjutnya dapat ditambahkan page numbering pada setiap halaman. Maka penomoran akan menyesuaikan format page number yang telah dibuat.

Jadi Penomoran pada LibreOffice Writer dengan format berbeda dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur page style, yang memungkinkan pemberian format penomoran halaman yang berbeda di setiap page style. Semoga tulisan ini bermanfaat, terlebih bagi pengguna GNU/Linux yang mulai bermigrasi, bila ada kritik maupun saran, silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia di bawah, tidak menutup kemungkinan tulisan ini akan kami perbarui bila ada masukan dari pembaca bila memang bermanfaat untuk dicantumkan. Terimakasih.

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *