Mengatasi lrcalc and lrcalc1 are in conflict Pada Manjaro

lrcalc and lrcalc1 are in conflict, sebuah pesan error yang saya dapat saat mau update Manjaro. Beberapa hari yang lalu sebenarnya sudah ada notif seperti ini, karena keadaan tidak memungkinkan belum sempat saya selesaikan permasalahan ini. Baaru malam ini berkesempaan menyelesaikannya, untuk mengatasi lrcalc and lrcalc1 are in conflict pada Manjaro ternyata cukup mudah sekali. Tidak ada semenit langsung ketahuan penyebab dan solusinya.

lrcalc-and-lrcalc1-are-in-conflict

Penyebab

Pesan lrcalc and lrcalc1 are in conflict ini terjadi karena depensi lrcalc dan lrcalc1 satu digunakan oleh sagemath. Nah, untuk mengatasi lrcalc and lrcalc1 are in conflict dengan mengupgrade lrcalc versi 1.2-4 ke lrcalc versi 2.0-1.

Solusi

Untuk mengatasi lrcalc and lrcalc1 are in conflict cukup mudah, dengan menjalankan perintah:

sudo pacman -Suy --ignore lrcalc

Dengan perintah tersebut, kita akan mengupgrade lrcalc versi 1.2-4 ke lrcalc versi 2.0-1, sehingga kita bisa lanjut untuk melakukan update sistem Manjaro.

sudo pacman -Suy --ignore lrcalc

Mengenal lrcalc

lrcalc merupakan akronim dari Littlewood-Richardson Calculator yang merupaka sebuah program untuk menghitung koefisien Littlewood-Richardson yang ditulis menggunakan bahasa C. Dan lrcalc ini salah satu depensi yang wajib dimiliki saat memasang SageMath. Dalam dunia Matematika Littlewood-Richardson adalah sebuah aturan untuk mendeskripsikan dari koefisien yang muncul ketika mendekomposisi produk dari dua fungsi Schur sebagai kombinasi linier dari fungsi Schur lainnya.

Jika kalian mengalami hal yang sama, silahkan dicoba. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di kesempatan lainnya.

 

Referensi tulisan:

FS#69539 – [sagemath] lrcalc and lrcalc1 are in conflict

Tentang lrcalc

Aturan Littlewood–Richardson

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *