Mengatasi Masalah Installation of Package Had Non-zero Exit Status

Tahun baru dengan semangat yang semakin bertambah, masih seputar pemrograman R di tahun shio ular yang mungkin pemrograman ular semakin menjamur. Kali ini mau berbagi tentang masalah yang saya alami, saat baru install R pada mesin tempur kedua saya. Mesin tempur kali ini sedikit berbeda pada tampilannya, kali ini saya pakai KDE Edition dari Manjaro. Perpindahan ke KDE ini, karena banyak aplikasi untuk science berbasis Qt. Balik lagi ke masalah yang saya alami saat memasang paket pada R.


Permasalahan dan Solusi

Karena memakai mesin tempur baru, memaksa saya untuk mengatur ulang sistem sesuai kebutuhan terutama pemrograman R ini. Sudah selesai pasang R, RKWard dan RStudio lalu memasang paket untuk R seperti Blogdown untuk blogging dengan R , learnr untuk belajar R dan paket wajib yaitu tidyverse dan ggplot2. Saat proses instalasi learnr ternyata mengalami masalah installation of package had non-zero exit status, seperti gambar dibawah:

installation_of_package_had_non-zero_exit


Dari keterangan gambar tersebut bahwa depensi paket later gagal terinstall karena paket BH tidak ditemukan, oke baiklah saya install sendiri paket BH ini dan ya masih gagal juga dengan keterangan error yang sama yaitu installation of package had non-zero exit status. Waktunya bertanya ke Google dan ya banyak sekali yang mengalami masalah installation of package had non-zero exit status tetapi paketnya berbeda. Ada yang menyarankan install Rtools sampai ganti repo, tapi saya sendiri masih belum berhasil juga. Saya kira maslaah dikoneksi jaringan, tetapi instal paket ggplot2 berhasil, waktunya mutar otak dan ketemu untuk insatll paket dari source codenya. Untuk install paket dari sorce code dapat menjalankan perintah berikut pada R:

install.packages(path_to_file, repos = NULL, type="source")

 

Di mana path_to_file adalah tempat file berada dan nama file:
Pada Windows path_to_file dapat disi seperti ini: “C:\\BH_1.72.0-3.tar.gz”
Sedangkan Linux bisa seprti ini: “/home/user/Downloads/BH_1.72.0-3.tar.gz”

Tunggu proses instalasi selesai dan viola paket yang awalnya tidak bisa terinstall akan terinstall.


Tentang BH (Boost Header)

Sedikit mengulas tentang BH, bukan BH yang itu ya wkwkw tetapi Boost Header yang merupakan salah satu paket yang dimiliki oleh R untuk menyediakan pustaka sumber portabel dari pemrograman C++ secara gratis. Dengan adanya BH ini template kode C++ dapat diselesaikan sepenuhnya dengan pada waktu kompilasi tanpa menautkannya. Intinya sih, ada beberapa paket dari R yang memakai kode C++ dan melakukan kompilasi dan untuk melakukan kompilasi ini, R membutuhkan sebuah library untuk menlakukannya. Identifikasi lain dari masalah ini mungkin ada paket dalam mesin tempur saya sehingga proses instalasi BH pun mengalami masalah yaitu installation of package had non-zero exit status.

Jadi, jika teman-teman mengalami masalah yang sama saat proses instalasi beberapa paket seperti paket BH dan mengalami error installation of package had non-zero exit status bisa instal paket dari source code, atau bisa juga memasang library pada sistem yang kurang. Dan sesuaikan dengan pesan error yang ditampilkan. Terima kasih, salam oprek wkwkwkwk. Cuma dapat gambar sebiji doang karena pas proses instal yang lain terlalu fokus ke hal lain.


Referensi Tulisan:

Paket BH
Install Paket dari Source Code

 

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *