Menghapus Dan Memasang Kernel Pada Manjaro Linux

Kernel Linux

Dalam dunia per-Linux-an sudah tidak asing lagi dengan kata Kernel, namun bagi mereka yang baru saja pindah ke dunia Open Source tentu masih bingung apa sebenarnya Kernel itu. Apalagi istilah-istilah lain seperti GNU/Linux dan apa bedanya dengan Linux. Kita mulai dulu dari Kernel, Kernel itu ibarat sebuah otak atau inti dari sebuah dari sistem operasi, dengan kernel ini kita bisa bisa mengontrol semua hal atas sebuah sistem operasi. Jenis-jenis kernel ada empat, yaitu kernel monolitik, mikrokernel, kernel hibrida dan exokernel. Dan Linux itu adalah kernel monolitik, yang dikembangkan oleh Linus Torvalds. Terus kenapa banyak orang-orang Linux adalah sistem operasi? hal ini karena beberapa orang masih belum mengerti perbedaan dari kernel, yang sebenarnya adalah Linux, dan keseluruhan sistem , yang juga sebut “Linux”. Untuk sistem operasi, Linux menggunakan distribusi GNU dan dikenal dengan distribusi GNU/Linux. Jadi, kita harusnya menyebut sistem operasi GNU/Linux bukan sistem operasi Linux.

Sampai saat ini, kernel telah mencapai versi 5.9-rc4 sedangkan yang stable ada pada versi 5.8. Pada tanggal 08 September, Manjaro mendapat stable update dan membawa update Kernel Linux tetapi baru Jum’at kemarin baru sempat saya update Manjaro saya. Saat proses update berlangsung ternyata ada notif bahwa kernel yang saya pakai sudah End Of Life (EOL) alias sudah tidak ada pembaharuan lagi dan cenderung ada celah. Saya lupa, kalau beberapa bulan belakang saat terjadi insiden update yang bermasalah, saya juga memasang kernel Linux versi 5.7. Sebelum pulang kerja, ya sudah main-main dulu sama kernel :D. Semua yang saya tulis hanya bisa dijalankan pada distribusi Manjaro Linux saja.

Menghapus Dan Memasang Kernel Dengan Command Line

Untuk melihat kernel yang terpasang pada sistem operasi, dapat menjalankan perintah:

sudo mhwd-kernel -li

sudo mhwd kernel -li

Dari gambar tersebut, kita dapat peroleh informasi tentang kernel seperti berikut:

  • Angka 5 menunjukan versi dari kernel
  • Angka 7 menunjukan versi mayor dari kernel
  • Angka 19 menunjukan versi minur dari kernel
  • Angka 2 menunjukan revisi paket yang telah dilakukan
  • Manjaro menunjukan distribusi yang sedang dipakai

Dan untuk memasang kernel pada Manjaro dapat menjalankan perintah:

sudo mhwd-kernel -i linux[version]

Atau bisa juga menjalankan perintah:

sudo mhwd-kernel -i linux[version] rmc

Perintah tadi akan memasang kernel baru, mengganti dan menghapus kernel yang sudah ada. Tetapi jika ingin menghapus kernel saja dapat menjalankan perintah:

sudo mhwd-kernel -r linux[version]

Sedangkan untuk menghapus kernel headernya dapat menjalankan perintah:

sudo pacman -R linux[version]-headers

Untuk menghapus extra module pada kernel yang terpasang:

sudo pacman -R linux[version]-extramodules

Atau bisa digabung dalam satu baris perintah:

sudo pacman -R linux[version] linux[version]-headers linux[version]-extramodules

Menghapus Dan Memasang Kernel Dengan GUI Tools

Selain menggunakan baris perintah, Manjaro Linux juga menyediakan cara untuk menghapsu dan memasang kernel secara GUI sehingga lebih mudah untuk mengelola kernel yang terpasang. Caranya cari Manjaro Settings Manager dan pilih kernel. Berikut penampakannya:

Manjaro Setting Manager

Dari gambar tersebut, ada dua kernel yang terpasang jika tidak ingin menghapus kernel tetapi ingin mencoba merasakan kernel yang berbeda-beda dapat berganti saat berada di GRUB. Disana akan ada pilihan kernel yang terpasang dan ketika dipilih maka kernel itulah yang akan dipakai oleh sistem. Cukup mudah bukan? mungkin tulisan ini tidak begitu panjang dan mungkin bisa saja ada kelanjutannya karena mengulik tentang kernel itu seru dan bikin deg-degan apalagi sampai kernel panic wkwkwkwkw. Bisa saja yang menulis bukan saya, mungkin teman-teman yang lain ingin menulis tentang kernel di webnya Boxer bisa kok. Terima kasih sudah membaca, kalau mau berdiskusi bisa lewat kolom komentar yak :D.

Referensi Tulisan dan Gambar:

Linux and GNU

Manjaro Kernel

Kernel

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *