Oprek File Audio Dengan SoX

Oprek File Audio Dengan SoX

Logo SoX

Artikel kali ini masih nyangkut dengan artikel FFmpeg kemarin. Sebenarnya ini aplikasi sudah lama saya install sebelum ffmpeg nangkring di laptop. Sox ini sering saya gunakan untuk play file mp3 saja, awalnya sih nyari aplikasi pemutar musik berbasis CLI. Awalnya ketemu MPD, NCMPP, dan satunya lupa sudah gak tak pakai lagi :D, walaupun di laman resminya, ini SoX sudah berhenti developmentnya tapi perintah untuk mutar musiknya enak, contohnya:

play musik.mp3

play mp3

Apa itu SoX

Dari laman resmi Sox, SoX adalah aplikasi crossplatform berbasis CLI yang dapat melakukan konversi berbagai file format audio. Selain itu SoX bisa untuk menambahkan beberapa efek audio dan dapat mutar dan rekam audio. Mungkin ini yang menyebabkan SoX dijuluki dengan The Swiss Army Knife of Sound Processing Programs. Kenapa saya makai pemutar musik berbasis CLI? yah karena maklum, laptop dengan spesisifikasi kentang goreng cuma AMD E1 setara Intel DualCore dengan RAM 2Gb dan HDD 280 Gb eh kok malah curhat wkwwkwk.

Instalasi

Untuk instalasi disini cuma untuk Manjaro atau Arch saja yah, karena untuk Ubuntu dan distro lain belum tak cari karena ini artikel termasuk kejar tayang dan menepati janji terhadap diri sendiri :D. Ketik perintah berikut untuk instalasinya:

sudo pacman -S sox

Alat Dukung

Setelah terpasang, kita butuh file audio untuk bermain-main. Disini saya ambil di freeaudio, kalau gak mau repot mencari audio mana yang akan dipakai bisa ambil ini untuk format wav, dan ambil yang ini. Walau mengarah ke web lain, tenang aja itu saya ambil web freaudio kok :D.

Perintah Dasar

SoX punya banyak perintah yang spesifik untuk oprek file audio, tapi saya akan mencoba mengulik sedikit perintah dasar-dasarnya saja. Silahkan teman-teman yang hobi dengan audio silahkan dioprek sendiri, SoX bisa sebagai alternatif audacity :D.

1. Putar Audio

Untuk putar audio sudah saya singgung diawal, disini cuma perintah pemanis saja agar lebih keren :D.
* Putar Banyak audio

play "Music/*.mp3"

Putar musik

Ceritanya lagi tak skip, jadi otomatis lanjut ke file selanjutnya :D.

  • Menambah bass

    play large_waterfall_1-daniel_simon.wav bass +3


    bass +3

  • Mempercepat kecepatan audio

     

    play nama-audio.mp3 speed 4


Untuk ini silahkan coba sendiri, kalau discreenshot tidak bisa didengarkan. Jadi tinggal main di angka setelah speed :).

2. Mengubah Format Audio

Sox ini mendukung banyak format berikut list format yang dapat ditanganioleh SoX:
8svx,aif,aifc,aiff,aiffc,al,amb,amr-nb,amr-wb,anb,au,avr,awb,caf,cdda,cdr,cvs,cvsd,cvu,dat,dvms,f32,f4,f64,f8,fap,flac,fssd,gsm,gsrt,hcom,htk,ima,ircam,la,lpc,lpc10,lu,mat,mat4,mat5,maud,mp2,mp3,nist,ogg,paf,prc,pvf,raw,s1,s16,s2,s24,s3,s32,s4,s8,sb,sd2,sds,sf,sl,sln,smp,snd,sndfile,sndr,sndt,sou,sox,sph,sw,txw,u1,u16,u2,u24,u3,u32,u4,u8,ub,ul,uw,vms,voc,vorbis,vox,w64,wav,wavpcm,wv,wve,xa,xi.
Sebagai contoh, saya akan merubah file wav ke mp3 dan mp3 ke wav:

sox airplane-landing_daniel_simion.mp3 airplane-landing_daniel_simion.wav && sox large_waterfall_1-daniel_simon.wav large_waterfall_1-daniel_simon.mp3

mp3 to wav

3. Melihat Informasi Audio

Hampir lupa, saat bermain-main dengan audio kita perlu tahu informasi detail audio tersebut. Seperti sample rate, sample bit size, sample encoding dan lain-lain :D, untuk mengetahui hal tersebut jalankan perintah:

soxi nama_audio.mp3

soxi

Infromasi diatas bisa dirubah kok, seperti merubah sample rate, sample bit size, dan sample encoding.

  •  Mengubah sample rate
    sox namaaudio.mp3 -r 16k samplerate.mp3

Untuk yang belum tahu, setiap kebutuhan sample rate berbeda. Untuk Professional audio system biasanya menggunkan 96 kHz, sedangkan untuk Digital Audio Tape dan kebanyakan sistem komputer menggunakan 48 kHz. Untuk Audio Compact Disc menggunakan sample rate 44.1 kHz, dan untuk masa sekarang kebanyakan audio menggunakan sample rate 16 dan 32 kHz. Tidak ada screenshot karena gambar tidak bisa bersuara 😀

  • Mengubah sample bit size
    sox namaaudio.mp3 -b 16 samplesize.mp3
    

Nah untuk kegunaan ini belum tak eksplore, jarang main dengan file audio :D, dalam contoh tersebut memakai sample bit 16. Jika ingin menggunakan sample bit lain tinggal ubah angka setelah -b.

4. Menggabungkan Audio

Sox bisa juga menggabungkan beberapa file audio menjadi satu file, biasanya penggabungan ini dilakukan untuk penggabungan audio instrumen. Tapi jika ingin menggabungkan file audio yang lengkap seperti lagu bisa kok.

sox -m fiel-audio-1.mp3 file-audio-2.mp3 mix.mp3

mix audio

5. Merekam Audio

Satu lagi, SoX ini bisa jga untuk merekam audio. Dalam contoh dibawah merekam audio dengan durasi setengah jam dan bertipe stereo.

rec -c 2 radio.wav trim 0 30:00

Dah, segitu dulu artikelnya kalau mau oprek file audio dengan SoX bisa baca RTFM atau cari di Google. Tapi RTFMnya cukup lengkap kok, siapa tahu kalian jadi composser :). Untuk series Docker ditunggu yah, masih radak sibuk eh bukan deng lagi dilema mau lanjut kuliah dimana dan mau ambil jursan apa 😀 antara Data Science atau Linux System Adiministrator :D. Terima kasih.

Sumber:     Web Official SoX
                     FreeAudio
                    Blog Kristine

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *