PSPP Alternatif SPSS di Dunia Open Source

Kali ini saya ingin berbagi tentang PSPP Alternatif SPSS di Dunia Open Source. Untuk yang pernah belajar atau bergelut di dunia Statistik pasti tidak asing lagi dengan SPSS, aplikasi analisis Statistika yang dibuat oleh IBM dan tentunya berbayar karena terdapat lisensinya. Nah, untuk teman-teman yang ingin berhijrah ke dunia Open Source bisa memakai PSPP. PSPP ini memiliki lisensi GNU/GPLv3. Sebenarnya untuk alternatif SPSS ini ada banyak sekali, tetapi bila ingin memakai yang tampilannya mirip dengan SPSS bisa mencoba PSPP ini. Dibawah ini adalah screenshot PSPP di laptop saya, bagaimana tidak asing bukan?

tampilan-pspp

PSPP ini ukurannya cukup kecil dibanding SPSS, ukuran PSPP sekitar 15 Mb. Untuk memasang PSPP ini cukup mudah kok. Untuk mencobanya bisa mengikuti langkah-langkah berikut sesuai distro masing-masing:

Debian dan anak turunnya:

sudo apt install -y pspp

Redhat dan anak turunnya:

sudo yum install pspp

ArchLinux dan anak turunannya:

sudo pacman -S pspp

 

Atau bisa juga dengan memasang dari source code yang sudah disediakan di web resminya PSPP. Nah, apa saja yang yang bisa dilakukan oleh PSPP ini? untuk saat ini saya baru mencoba untuk melakukan Crosstab, uji validitas, uji reliabiltas. Tetapi kalau dilihat sekilas ada ANOVA satu arah, alpha croncbach, regresi linear, regeresi logistik, tes non-parametrik, analisis faktor, analisis cluster, analisis komponen utama, analisis chi-square dan banyak lagi. Selain itu, yang ingin membuat grafik di PSPP juga bisa, ada fitur untuk membuat grafik Scatterplot, Histogram dan Barchart. Tulisan ini terinspirasi dari tugas kuliah lagi wkwkwk karena disuruh melakukan analisa denagn SPSS jadinya ambil PSPP, biar tidak bosan jadi saya buat format berbeda dengan tidak memberikan contoh seperti postingan yang sudah-sudah. Kemarin ada yang bertanya kapan bahas DevOps lagi, mungkin setelah UAS akan saya coba bahas lagi tenang DevOps. Terima kasih sudah membaca tulisan saya, sampai jumpa lagi di tulisan selanjutnya.

Referensi:
https://www.gnu.org/software/pspp/

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *