Raspberry Pi Series Part 2 : Akses Desktop Dengan VNC

Jumpa lagi, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang masih tidak lepas dari Raspberry pi seperti Artikel sebelumnya Raspberry Pi Series Part 1 : Installisasi dan Akses Dengan SSH, kali ini saya akan menuliskan tentang Mengakses Desktop Raspberry pi dengan VNC.

VNC (Virtual Network Computing) adalah sebuah sistem desktop-sharing untuk mengendalikan komputer lain dengan mentransmisikan fungsi papan ketik (keyboard) dan tetikus (mouse) melalui jaringan yang tersedia.

sebelum itu, pastikan dulu bila belum dapat mengakses ke raspberry secara remote, bisa ikuti artikel Raspberry Pi Series Part 1 : Installisasi dan Akses Dengan SSH dari tahap membuat file ssh pada partisi boot sd card raspi, jadi saya berasumsi kita sudah bisa mengakses raspberry secara remote lewat ssh, atau mungkin yang menggunakan monitor dapat langsung membuka terminalnya, jadi langsung saja ke tahap pertama.

bagi yang mengakses lewat desktop langsung bisa buka terminal, bagi yang mengakses secara remote lewat ssh bisa masuk ke raspinya dulu seperti berikut.

ssh pi@98.0.0.10 ##sesuaikan dengan ip address dan user pada raspberry masing - masing.

setelah masuk, kemudian kita akan mensetting raspbian untuk mengaktifkan VNC server dengan masukan perintah berikut.

sudo raspi-config

setelah itu pilih interfacing option

kemudian pilih P3 VNC

akan ada jendela konfirmasi pengaktifan VNC server, pilih saja yes.

VNC sudah diaktifkan dan otomatis start saat boot up.

untuk mengakses Desktop, maka disini saya menggunakan VNC viewer dari RealVNC, bisa di unduh pada laman ini dan di install sesuai sistem operasi yang di gunakan, disini saya menggunakan Ubuntu 18.04, jadi saya memilih paket ber extensi .deb untuk cara installasinya tinggal merubah direktori aktif ke tempat file berada, kemudian masukan perintah berikut pada terminal.

sudo dpkg -i *VNC-Viewer-x.18.907-Linux-x64.deb ## * diganti dengan nama yang sesuai dengan nama file yang telah di download.

setelah terinstall dapat di buka lewat peluncur (launcher) atau memanggil lewat terminal dengan perintah sebagai berikut.

vncviewer

setelah terbuka maka kita tinggal mengetikan ip address Raspberry pi di kolom kemudian enter, atau membuat profil koneksi. Untuk memmbuat profil koneksi, pilih File → New connection atau bis menggunakan kombinasi tombol ctrl + N.

kemudian kita masukan ip address Raspberry pi yang telah terkoneksi dengan laptop kita, untuk nama isi sesuai preferensi masing masing, karena hanya untuk menamai profil koneksi, kemudian langsung klik ok saja,

untuk mengaksesnya kita tinggal klik dua kali profil koneksi yang telah kita buat , kemudian akan muncul identity check, klik continue saja langsung

setelah itu akan ada jendela untuk autentikasi ke Raspberry pi, isi username dan password sesuai seperti yang terdapat di Raspberry pi kita, bila masih default maka username : pi dan password : raspberry, kemudian tekan ok, dan desktop Raspberry pi sudah dapat di akses secara remote menggunakan VNC.

Sekian artikel Raspberry Pi Series Part 2 : Akses Desktop Dengan VNC ,semoga dapat bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, dan bila ada kritik, dan saran bisa langsung berkomentar di kolom komentar di bawah, terimakasih dan sampai jumpa di tulisan saya yang lain.

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *