Tool Penelitian Kualitatif

Beberapa waktu lalu aku mencari software untuk pengolahan data di Linux. Fungsinya sih sebenarya sederhana, hanya untuk mereduksi data dari penelitian kualitatif menjadi indikator-indikator yang sesuai, atau lebih gampang disebut dengan pengkodean data (koding). Jika kamu mencarinya melalui mesin pencari, kalian akan mendapati beberapa aplikasi yang berbayar. Namun jika kalian ingin menggunakan software untuk satu atau beberapa penelitian saja, beberapa tool gratis berikut rasanya pantas digunakan untuk membantu kalian dalam menganalisa data penelitian kualitatif.

QDA-TagTree

QDA-TagTree merupakan sebuah ekstensi pengolah kata LibreOffice Writer (Word Processor). Tool ini dapat membantu kita untuk membuat indikator (kode) dan menampilkannya menjadi sebuah hirarki sesuai abjad (alpabhetical) pada sidebar sebelah kanan. Caranya adalah dengan menambahkan tagar “#” sebelum kata (indikator/koding) dalam komentar (ctrl+alt+c). Misalnya kita ingin membuat indikator “budaya” kita tinggal menggantinya dengan “#budaya” (tanpa tanda petik). Atau bisa juga membuat sub indikator. Misalnya: #budaya#jawa.

  1. Download Software LibreOffice bagi yang tidak menggunakan Linux (download)
  2. Download ekstensi QDA-TagTree (Dowload)

Taguette

Taguette merupakan sebuah tool yang berbasis web. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara online. Namun tidak memungkiri jika tanpa koneksi internet, tool ini juga bisa dijalankan secara offline. Kamu tinggal install saja aplikasinya kemudian jalankan, sehingga akan membuka tampilan di browser. Menggunakan taguette, kamu tidak harus menulis manual jika ada indikator/kode yang sama. Kamu bisa membuat terlebih dahulu kode yang dibutuhkan. Caranya dengan menambahkan tag di tab highlights dan menuliskan deskripsinya. Tag tersebut nantinya juga bisa kamu download menjadi codebook dalam format pdf atau spreadsheet. Penggunaannyapun juga cukup tidak repot, tinggal pilih saja teks (highlight) di dokumen yang diupload lalu pilih tag yang sudah ada atau buat saja secara langsung jika belum ada.

  1. Coba saja tool ini secara langsung (menuju link)
  2. Install di local kamu butuh python3. Apakah sudah terinstall? python3 --version kalau sudah terinstall  pip3 install taguette jalankan dengan buka terminal taguette , nanti akan terbuka di browser dan kamu bisa meulai mengerjakan project.
  3. Untuk Mac dan Windows Klik langsung disini

Anselm

Tool ini adalah plugin dari Visual Studio Code (vscode), Aplikasi yang biasanya digunakan untuk melakukan programing. Di sini kamu bisa melakukan koding penelitian kualitatif dengan menggunakan plugin bernama anselm. Untuk instalasinya kamu cukup buka visual studio code, Pada tab extension cari saja anselm dan tinggal install. Tool ini sebenernya sama sih dengan QDA-TagTree cara mainnya. Indikator/kode juga akan ditampilkan secara “tree view” dan alpabhetical. tapi jika kalian mau coba langsung saja install, ada keteranganya kok disana.

  1. Kalian bisa download vscode di software center distro kalian masing-masing
  2. Keterangan lebih lanjut tentang Anselm (Klik disini)

Qualcoder

Qualcoder ini aplikasi yang punya GUI. Jadi dia bukan web based atau sebuah plugin. Jika ingin menginstallnya, kamu membutuhkan python3.6 dan pyqt5. Kemudian kamu butuh juga VLC player yang nantinya digunakan untuk koding video dan audio. Jadi enaknya dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya dalam bentuk tekstual saja, melainkan juga bisa koding melalui video dan gambar.
Jika kamu penasaran, silakan langsung pelajari lebih lanjut disini.

Itulah beberapa aplikasi/tool yang bisa membantu kamu dalam melakukan analisa dalam penelitian kualitatif. Please feel free to comment below.

Share This Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *